Rahasia Sukses Starbucks Padahal Kopinya Tidak Terlalu Enak
Rahasia Sukses Starbucks Padahal Kopinya Tidak Terlalu Enak
Qopiku - Starbucks merupakan salah satu kedai kopi yang sangat sukses saat ini. Namun bagi sebagian orang menganggap bahwa rasa kopi yang ditawarkan kedai ini biasa saja. Lalu, kenapa Starbucks bisa sesukses seperti sekarang? Simak terus artikel ini.
1. Experience Yang Menyenangkan
Salah satu kunci sukses dari starbucks adalah pelayanan yang ramah dan bertanggung jawab dari pekerja Starbucks.
Jika kamu berkunjung ke starbucks kamu akan disambut dengan wajah yang dihiasi dengan senyuman lebar dari barista disana. Mereka akan menjawab segala pertanyaanmu tentang menu, promo dan hal sepele lainnya dengan ramah. Selain itu, jika terdapat keluhan, barista akan langsung menanggapi dan memperbaiki kekurangan tersebut secepat mungkin.
Dengan servis ini, pengunjung akan merasa senang dan dihargai ketika berbelanja di sini. Inilah mengapa Starbucks begitu digemari.
Baca juga: Cara Memesan Minuman Di Starbucks (Plus tips dan Infografis)
2. Place, Vibe dan Environment
Sebagai salah satu gerai penyedia kopi, Starbucks lebih memperhatikan kondisi lingkungan di gerai mereka, ketimbang menciptakan kopi dengan rasa terbaik di dunia.
Hal ini sejalan dengan visi CEO Starbucks, Howard Schultz, "to make Starbucks become the third place after your home, and your workplace."
Starbucks membranding perusahaan mereka agar menjadi tempat pilihan yang nyaman buat orang-orang beraktivitas, seperti menyelesaikan pekerjaan kantor, bertemu klien, nongkrong dan lainnya.
Jadi jika sedang bosan di rumah atau tempat kerja, destinasi selanjutnya yang ada di kepala kalian untuk melakukan kegiatan adalah Starbucks. Maka dari itu, Starbucks menciptakan tempat nyaman, memiliki suasana positif dan fasilitas yang dibutuhkan demi menunjang aktivitasmu.
Layout dan desain kedainya konsisten dengan konsep percampuran antara to go dan nyaman untuk orang bekerja dan meeting.
Inilah yang menyebabkan value Starbucks meningkat dan banyak disukai orang.
3. Menjadi Lifestyle Saat Ini
Minum kopi sudah menjadi salah satu bagian dari hidup saat ini. Banyak orang minum kopi bukan lagi sekedar karena menyukai rasanya saja, tetapi sudah sebagai gaya hidup untuk sekedar menjadi hits atau ikut-ikutan tren.
Brand Starbucks memiliki kemampuan ini. Starbucks berhasil menciptakan Brand Awareness dan menjadikan produk mereka sebagai bagian dari gaya hidup terkini. Merek mereka sudah terkenal dimana-mana sebagai salah satu kedai dengan kesan mahal dan hits, sehingga membuat orang yang minum kopi disana seakan-akan terlihat lebih keren juga.
Sehingga tidak perlu heran kenapa banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam, meskipun rasa yang ditawarkan bagi sebagian orang tidak begitu spesial.
4. Brand Avocates
Brand avocates adalah orang yang berlaku sebagai promotor atau orang yang mempromosikan suatu produk. Orang yang berlaku sebagai brand avocates tidak dibayar dalam mempromosikan suatu produk. Lho, kok sudah mempromosikan barang tapi gak dibayar?
Jadi begini, Starbucks mampu menciptakan image positif dikalangan konsumennya. Konsumen merasa mendapat manfaat dan yakin dengan produk starbucks. Sehingga banyak konsumen yang berubah menjadi brand avocates.
Konsumen yang sudah merasakan belanja di Starbucks membagikan pengalaman positifnya kepada individu lainnya. Sehingga, secara tidak langsung ikut dalam mempromosikan brand starbucks.
Dengan cara ini, Starbucks mampu menggaet pelanggan baru untuk mencoba menikmati pengalaman positif yang sama ketika berbelanja Starbucks.
5. Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu kunci dalam suksesnya Starbucks. Melalui Sosmed, Starbucks bercerita tentang brand mereka. Bukan hanya sebatas mempromosikan produk, tetapi juga menceritakan misi brand mereka.
Melalui media sosial starbucks membuat mereka dan pelanggannya menjadi lebih dekat.
6. Inovatif
Starbucks selalu memiliki inovasi baru demi memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Baik dari fasilitas dalam gerai mereka maupun inovasi produknya - Rahasia Sukses Starbucks Padahal Kopinya Tidak Terlalu Enak Klik Disini.